Hal Yang Harus Dilakukan Setelah Instal Ulang Windows


Halo sobat H-tekno.. ini merupakan artikel pertama saya, semoga sobat-sobat semua suka dengan blog ini ya. Sekarang saya akan berbagi Hal Yang Harus Dilakukan Setelah Instal Ulang Windows.


Setelah berhasil menginstal sistem operasi windows, baik itu windows 7, 8, maupun 10 ada beberaoa hal yang harus kalian lakukan seperti mengembalikan settingan BIOS ke default, menginstal driver PC sampai dengan menginstal beberapa program penting.


Selain itu, mungkin kalian bingung ketika melihat layar desktop anda yang "sepi" dikarenakan PC kalian masih belum terinstal program apapun. Dan juga, kalian pasti bertanya tanya kenapa beberapa fitur PC atau laptop kalian seperti Wifi, Webcam, LAN dan lain lain kenapa tidak berfungsi. Maka dari itu kalian harus melakukan beberapa hal berikut ini setelah melakukan instalasi windows.

1. Kembalikan setting BIOS ke default (semula)

Ketika kalian hendak melakukan instalasi windows, yang pasti langkah pertama yang harus dilakukan adalah menyeting BIOS agar booting ke DVD ataupun Flashdisk, nah pengaturan ini juga harus kita kembalikan seperti semula.




2. Format Flashdisk (Opsional)

Sebenarnya ini opsional, jadi terserah kalian mau melakukannya atau tidak. Misalkan kalian masih menggunakan flashdisknya untuk melakukan instalasi di PC lain, silahkan abaikan langkah ini. Tapi jika misalkan kalian ingin menggunakannya seperti biasa, lebih baik kalian memformatnya dan mengubah file systemnya menjadi default (FAT32).

3. Menginstal Driver

Agar hardware pada PC atau laptop kalian berjalan dengan baik, kalian perlu menginstal drivernya terlebih dahulu. Misalkan setelah anda selesai menginstal windows, mungkin kalian akan sedikit bingung mengapa LAN dan VGA kalian tidak terdeteksi. Hal tersebut dikarenakan driver dari setiap hardware tersebut belum terinstal.

4. Menginstal Program

Setelah kalian selesai menginstal driver, selanjutnya install beberapa program standar berikut ini.
1. Extractor (7-zip, winrar, dll)
2. Browser (Chrome, Mozilla Firefox, Opera, dll)
3. Video Player (Gom Player, VLC, MPC, dll)
4. Music Player (Winamp, AIMP3, MediaMonkey, dll)
5. CD/DVD Burner (Nero)
6. IDM
7. Microsoft Office (Word, Excel, PowerPoint, dll)
8. PDF Reader (Adobe Reader, Nitro PDF, Foxit Reader, dll)
9. Aplikasi Maintenance (CCleaner)
10. CD/DVD Image File Tool (PowerISO, UltraISO, Daemon, dll)
11. Program Sesuai Kebutuhan Anda

5. Menginstal AntiVirus

Terakhir adalah menginstal antivirus favorit kalian, banyak aplikasi antivirus, diantaranya yaitu Avast, Smadav, Avira, dan lain sebagainya, yang penting instal dulu antivirusnya.
Seperti yang kalian ketahui bahwa sistem operasi windows sangat rentan terhadap virus, berbeda dengan linux yang notabenya bisa dibilang kebal akan adanya virus.
Jangan tanya saya yah antivirus mana yang bagus, karena pada dasarnya fungsi sema antivirus itu sama yaitu melindungi PC kita dari virus yang mengganggu dan menyebalkan. Jika saya bilang antivirus A bagus, bisa jadi antivirus A tidak cocok untuk PC kalian, Jadi pilihlah antivirus sesuai dengan selera sobat.

Demikian artikel pertama saya kali ini
Semoga bisa membantu kalian yang baru pertama kali instal windows yah.
jangan lupa kunjungi terus blog saya agar tidak ketinggalan update selanjutnya.
Bye Bye

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Hal Yang Harus Dilakukan Setelah Instal Ulang Windows"

Post a Comment